Inilah Contoh Laporan Harian Sederhana pada Usaha Toko Bangunan

Sobat wirausaha,

Manajemen perusahaan yang baik selalu menerapkan administrasi yang tertib dan tertata rapi. Salah satu administrasi yang harus dibuat adalah laporan keuangan. Laporan keuangan yang baik dan mudah dibaca sangat penting untuk manajemen perusahaan. Laporan keuangan ini meliputi transaksi pembelian, penjualan, pendapatan, pengeluaran operasional perusahaan maupun gaji karyawan.

Ada beberapa laporan keuangan berdasarkan waktu, antara lain laporan harian, laporan mingguan, laporan bulanan, dan laporan tahunan. Postingan kali ini, kita akan membahas tentang laporan harian dan apa saja laporan yang perlu dicetak dalam satu hari kerja. Kita akan memberikan contoh laporan harian  untuk usaha toko material atau bangunan.

1. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas wajib dicatat setiap ada pemasukan dan pengeluaran. Laporan Arus Kas adalah laporan mengenai pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam waktu tertentu. Kita akan mengetahui posisi uang kas masuk (cash in flow) dan uang kas keluar (cash out flow) dalam periode akuntansi. Misalnya penerimaan uang dari pelanggan, pengeluaran uang untuk membayar biaya listrik, PDAM, telepon, gaji, dan lain sebagainya.

Setelah melakukan transaksi dalam satu hari kerja, maka kita dapat mencetak daftar laporan arus kas.  Laporan arus kas dapat berupa laporan arus perkiraan kas, dan laporan detail buku bantu kas.
Seperti pada contoh laporan arus perkiraan di atas, selama periode harian terdapat uang kas masuk dan uang kas keluar. Perkiraan yang tertera di laporan arus perkiraan yaitu berdasarkan transaksi yang sudah dilakukan selama periode harian tersebut.

Dari laporan arus perkiraan di atas apabila ingin mengetahui secara jelas transaksi apa saja yang sudah dilakukan selama seharian bisa dilihat dalam laporan detail buku bantu kas di bawah ini:

Pada laporan detail buku bantu di atas kita bisa mengetahui uang kas apa saja yang telah terjadi selama sehari. Selain itu, kita bisa mengetahui kas fisik yang seharusnya kita pegang ada berapa. Apakah saldo akhir pada laporan detail buku bantu sama dengan uang kas fisik yang kita pegang? Jawabannya adalah saldo akhir harus sama dengan kas fisik.

2. Laporan Penjualan

Selain laporan arus kas, untuk laporan harian kita bisa cetak yang namanya laporan penjualan. Laporan Penjualan adalah laporan-laporan yang berhubungan dengan kegiatan penjualan yang sudah kita lakukan dan hal-hal yang berhubungan dengan pelanggan.
Setelah melakukan transaksi penjualan, pastinya kita sebagai manajemen perusahaan ingin melihat kesiapa sajakah kita menjual produk perusahaan. Kita bisa melihatnya dilaporan penjualan. Pada laporan Transaksi Penjualan (Kas) merupakan hasil transaksi di Armadillo Kasir setelah adanya transaksi penjualan. Laporannya dapat diakses pada Armadillo Kasir tepatnya di Laporan.
Pada contoh gambar di atas merupakan Laporan Penjualan. Pada Laporan Penjualan kita juga bisa melihat laba yang diterima setelah kita menjual produk. Laba didapatkan dari total penjualan dikurangi HPP.

Nah… begitulah penjelasan untuk laporan harian dan apa laporan apa saja yang perlu dicetak. Akan lebih mudah apabila kita memanfaatkan jasa pembukuan yang menyediakan laporan lengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

Selamat mencoba. Salam sukses.

Sumber : tokomaterial.wordpress.com

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-kpi.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *