Konsultan Key Performance Indicators 2

smart

Berdasarkan Wikipedia pengertian Indikator Kinerja Utama (Key Performance Indicators) adalah metrik finansial ataupun non-finansial yang digunakan untuk membantu suatu organisasi dalam menentukan dan mengukur kemajuan terhadap sasaran organisasi.

Dalam penyusunan Key Performance Indicators, diperlukan perencanaan yang matang serta kelengkapan data dan informasi yang akurat dan konsisten. Agar dapat berfungsi secara optimal, maka Key Performance Indicators harus memenuhi prinsip SMART yaitu:
Scientic (Spesifik) : dibuat secara khusus dan unik dalam merefleksikan tujuan-tujuan perusahaan yang disusun dimulai dari KPI perusahaan kemudian dijabarkan ke bawah sehingga muncul KPI unit-unit kerja yang kemudian diterjemahkan lagi ke KPI masing-masing individu di dalam unit kerja yang bersangkutan.
Measurable (Terukur) : pengukuran kinerja dilakukan secara objektif sehingga dapat diukur tingkat keberhasilannya.
Achievable (Realistis) : berfungsi secara efektif berdasarkan target yang dibuat secara bertahap sehingga realistis dapat dicapai.
Reliable (Dapat Diandalkan) : esensial bagi perusahaan dengan memberikan gambaran yang jelas kepada setiap karyawan terhadap apa yang penting dan harus dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan.
Time Bound (Target Waktu) : penetapan target waktu yang jelas dan menjadi acuan pengukuran kinerja.

 

JASA KONSULTAN KEY PERFORMANCE INDICATORS
Sebagai langkah awal terjun dalam dunia bisnis maka diperlukan kecermatan sehingga energi, waktu dan dana yang dikeluarkan dapat dimanfaatkan secara optimal. Kami sebagai konsultan Key Performance Indicators baik mulai dari awal maupun pengembangan bisnis siap bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Kinerja perusahaan dapat dipantau dengan jelas melalui Key Performance Indicators yang merupakan alat navigasi penting bagi pemilik perusahaan untuk memantau arah perusahaan selalu dalam jalur menuju kesuksesan.

 

Walaupun keseluruhan dinamika dalam perusahaan dapat diukur melalui Key Performance Indicators namun juga penting diketahui bahwa dibalik setiap angka terdapat manusia nyata, sehingga perlu dilakukan secara terintegrasi :
A. Mengukur dan memahami kinerja keuangan
Berdasarkan data laporan keuangan dapat menunjukkan berbagai kinerja keuangan berupa tingkat pertumbuhan penjualan, efisiensi biaya, margin bersih keuntungan, perputaran persediaan dll.

Kami juga menyediakan jasa pembukuan yang dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat, terperinci dan efisien sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja pembukuan sampai 70%.

jasa key performance indicators

 

B. Mengukur dan meningkatkan produktivitas usaha
Perusahaan perlu memastikan bahwa keseluruhan proses internal berjalan dengan baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan, sehingga perusahaan mampu berkompetisi secara global dengan struktur biaya yang ramping dan efisien untuk mencapai target yang telah ditentukan.

produktivitas

 

C. Mengukur dan memahami karyawan
Asset terpenting perusahaan terletak pada karyawan yang merupakan roda penggerak utama berbagai aspek bisnis dalam perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

karyawan

 

D. Mengukur dan memahami pelanggan
Memahami seberapa puas dan setianya pelanggan adalah sangat penting bagi semua perusahaan, dalam pengertian bahwa setiap pelanggan berkontribusi positif bagi peningkatan pendapatan perusahaan di masa depan.

pelanggan

 

Pengukuran Key Performance Indicators ini mudah dan praktis diaplikasikan menggunakan QR Code, sehingga diperoleh hasil yang cepat dan akurat.
Sebagai contoh hasil produksi dan jumlah barang cacat produksi akan di scan menggunakan QR Code, sehingga langsung tertera pada KPI Produktivitas.

qr code

Bersambung… (Key Performance Indicators 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *