Konsultan Key Performance Indicators

key performance indicators

VISI
Memberikan pelayanan dan konsultasi Key Performance Indicators yang sangat berguna dalam pengelolaan usaha secara terpadu sehingga tercipta sinergi hubungan kerjasama yang harmonis dan saling menguntungkan.

 

MISI
– Bekerjasama untuk bersinergi dalam pengelolaan bisnis untuk mencapai tujuan :
– Memberikan tingkat keuntungan yang signifikan bagi pelaku bisnis.
– Menciptakan hubungan kerjasama yang harmonis dengan karyawan yang merupakan sumber daya dan asset penting dalam pengelolaan bisnis.
– Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan sehingga menjadi pengalaman personal yang mengesankan kepada setiap pelanggan bisnis.
– Bekerjasama dengan berbagai pihak baik mitra maupun rekanan supplier sehingga dapat bekerja secara baik dan berkelanjutan.

 

 

INDIKATOR KINERJA UTAMA (KEY PERFORMANCE INDICATORS)
Indonesia sebagai negara kepulauan dengan kota-kota yang tersebar di seluruh penjuru baik dari Sabang sampai Merauke memberikan dinamika bisnis yang selalu berdenyut positif.

Perputaran barang dan jasa mulai dari sentra produksi sumber daya alam di desa maupun hasil produksi pabrik ke setiap daerah maupun perkotaan membutuhkan kemampuan distribusi dari setiap insan pelaku ekonomi.

Berbagai peluang bisnis ini perlu dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang ingin berkecimpung baik dalam bidang penyediaan jasa maupun penjualan produk. Tidak semua peluang bisnis dapat dikerjakan sekaligus sehingga perlu dipilah berdasarkan minat, kemampuan dan sumber daya yang tersedia.

Sebagai pelaku bisnis senantiasa memerlukan inovasi, penyempurnaan sistem kerja, efisiensi biaya dan terobosan pemasaran terbaru sehingga dapat terus eksis dan bersaing dalam kompetisi bisnis yang semakin ketat.

 

Negara Indonesia yang berpenduduk lebih dari 230 juta jiwa merupakan pasar yang besar, seiring dengan teknologi informasi yang berkembang pesat maka pelaku bisnis UKM di Indonesia juga dapat merambah pasar domestik dari Aceh hingga Papua bahkan kemungkinan terbuka lebar untuk menembus pasar internasional yang telah berpenduduk lebih dari 7 miliar jiwa.

Bila sebagai pelaku bisnis hanya mengincar segmen pasar sebesar 0,01% saja dari pasar Indonesia maka akan mempunyai pelanggan sebanyak 23 ribu orang dan ini merupakan peluang nyata yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Pada umumnya sebelum era 1980-an untuk menembus pasar di luar daerah harus mengandalkan sales atau tenaga pemasaran yang berkeliling daerah, namun saat ini untuk menembus pasar lokal bahkan internasional dapat memanfaatkan teknologi informasi yang telah berkembang pesat baik dengan menggunakan website (Blogspot, WordPress), media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), iklan online (Bukalapak, Tokopedia, OLX), forum (Kaskus) dll.

 

Banyak pertanyaan dan kendala yang sering dihadapi dalam memulai atau mengembangkan bisnis seperti :
– Bisnis produk atau jasa apa yang cocok untuk dikembangkan ?
– Bagaimana cara memperoleh bahan baku dengan harga murah ?
– Proses produksi seperti apa yang dapat bekerja secara efisien ?
– Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi ?
– Bagaimana melakukan koordinasi dengan karyawan secara efektif ?
– Bagaimana menyiasati harga dan biaya yang terus meningkat ?
– Bagaimana menyusun laporan pembukuan sehingga mudah dianalisa ?
– Sistem pemasaran apa yang dapat berjalan secara optimal ?
– Bagaimana meningkatkan omset penjualan dari setiap pelanggan ?
– Dll.

 

Bagaimana cara mengantisipasi hal ini ?

Dari berbagai pertanyaan diatas maka sebagai pelaku bisnis dapat menggunakan Key Performance Indicators yang perlu terus di review sehingga mengikuti perkembangan bisnis yang selalu dinamis.

Bersambung… (Key Performance Indicators 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *