Mencetak Work Order Dan Surat Jalan Secara Otomatis (Record Real Time)

Umumnya sebagai owner perusahaan mendelegasikan pekerjaan administrasi kepada pegawai, namun kadang-kadang instruksi yang diberikan terlewat.  Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan fungsi-fungsi yang terdapat dalam fitur Excel sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan lancar.

Misalnya dalam hal instruksi pengerjaan (Work Order) dan pengiriman barang (Surat Jalan) maka pertama kita membuat dahulu database supplier yang akan diberikan Work Order seperti contoh dibawah ini :

database 

Kemudian pada sheet WO kolom D diberikan pilihan pengerjaan apakah oleh Designer, Produksi atau gabungan keduanya yang cukup di klik saja.work order

 

Secara otomatis maka pada kolom E akan tercatat waktu klik secara real time dan tidak dapat diubah sehingga kita dapat memantau kemajuan proses dari Work Order tersebut.

real time

 

Untuk spesifikasi pengerjaan pada kolom F telah tersedia pilihan Desain, Cetak, Pasang, Lain-Lain yang dapat langsung di klik.

work order2

 

Secara otomatis kolom G akan menghasilkan nomor Work Order setelah Spesifikasi (kolom F) di klik, kemudian dilanjutkan dengan pengisian nomor pada kolom H. Sebagai catatan apabila Spesifikasi tidak di isi maka nomor Work Order tidak akan keluar, seperti keterangan pada kolom G yaitu “Isi Spesifikasi Dahulu”.

Kemudian kolom H untuk pengisian nomor juga tidak bisa di klik (proteksi) seperti keterangan pada kolom H pada gambar dibawah ini :

work order3

 

Bila semua telah diisi maka pada sheet Print maka kita tinggal memilih nomor yang akan di print seperti yang tertera pada kolom I.

print

 

Demikian juga untuk print Surat Jalan kita tinggal klik nomor yang akan di print pada kolom I.

surat jalan

 

Setiap tahapan pengerjaan dilakukan dengan record secara real time, baru kemudian data dapat dicetak secara otomatis hanya dengan 1 klik. Silakan hubungi WA 081 5600 1568 untuk penjelasan penggunaan Excel ini lebih lanjut, bahkan data transaksi ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan laporan keuangan seperti Laba Rugi dan Neraca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *