Solusi e-Filing Error Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi

Solusi e-Filing Error Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi

Akhir bulan merupakan batas akhir pelaporan SPT Masa PPN 1111. Detik – detik akhir pelaporan SPT Masa PPN dapat dipastikan banyak wajib pajak yang masih berusaha lapor. Tetapi, wajib pajak sekarang lebih fleksibel dan hemat waktu karena lapor SPT Masa PPN 1111 tidak perlu datang ke KPP langsung yang tentu saja ramai di akhir bulan.

Mulai April 2018 pelaporan SPT Masa PPN 1111 wajib disampaikan setiap Pengusaha Kena Pajak dalam bentuk dokumen elektronik atau e-Filing. e-Filing dapat dilakukan di DJP Online. DJP Online dapat diakses secara free di alamat djponline.pajak.go.id.

Untuk dapat lapor SPT Masa PPN 1111 secara e-Filing, yang harus anda lakukan adalah buat SPT atau file CSV di aplikasi e-faktur. Setelah terbentuk file CSV, barulah lapor di DJP Online dengan upload file CSV tersebut berserta lampiran PDF.

Apabila tidak ada kendala dalam proses upload file CSV SPT Masa PPN 1111, pastinya proses akan berlanjut dan anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Surat (BPS).
Namun, ada kalanya saat proses upload file CSV di DJP Online anda akan mendapati hambatan berupa error tidak berhasil upload. Seperti yang saya temui kemarin, ada wajib pajak menjelaskan bahwa upload selalu tidak berhasil muncul keterangan “Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi”.
Karena penasaran saya-pun mencoba upload file CSV tersebut di DJP Online. Hasilnya sama, e-filing error muncul keterangan “Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi”.
Dengan solusi-solusi pada umumnya, saya mencoba untuk clear chace dan cookies pada browser, mengganti aplikasi e-faktur, melakukan patch e-faktur terbaru, dan buat ulang CSV. Hasilnya masih sama, e-Filing error “Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi”.

Pemikiran solusi sampai sejauh itu tidak membuahkan hasil sama sekali, nihil.

Ternyata, solusi atas error tersebut adalah membuka setiap lampiran-lampiran SPT yang ada di e-faktur. Sebelum buat file CSV SPT Masa PPN 1111, anda harus membuka lampiran-lampiran SPT mulai dari lampiran A1 sampai 1111 AB. Hanya dibuka saja.
  • Buka menu SPT – Buka SPT – pilih SPT yang akan anda laporkan (misalnya masa 8/2018)
  • Klik Buka SPT Untuk Diubah, sampai muncul notifikasi SPT berhasil dibuka.
  • Setelah itu, silahkan anda klik menu SPT. Pilih Formulir Induk lalu isi NTPN (jika KB) dan tanggal SPT.
  • Formulir Induk berhasil diisi, selanjutnya pilih Formulir Lampiran. Buka satu-satu Formulir Lampiran mulai dari A1 sampai Lampiran 1111 AB. Hanya dibuka lalu ditutup.
Solusi e-Filing Error Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi
Buka Seluruh Lampiran SPT
Apabila seluruh lampiran sudah anda buka, langkah selanjutnya adalah buat file CSV dan PDF. File CSV tersebut siap untuk diupload di DJP Online.
Langkah tersebut berhasil mengatasi solusi error saat upload file CSV dengan keterangan¬†“Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi”. Berhasil lapor dan mendapatkan BPS. Demikian, semoga bermanfaat.
Sumber : efakturespt.com
http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id
http://jasa-akuntansi-bandung.blogspot.com/p/jasa-akuntansi.html

2 Commentsto Solusi e-Filing Error Proses Upload Tidak Berhasil, Silahkan Ulangi Lagi

  1. Aslam Anas A says:

    kalau itu kan untuk pelaporan PPN, apabila untuk pelaporan PPh 21 bagaimana solusinya ? Mohon pencerahannya. Terima Kasih

    • genpromotion says:

      untuk PPh 21 boleh dicoba untuk membuka menu program satu persatu, pada intinya supaya log tercatat sehingga akan terbaca saat proses upload.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *