Seberapa Penting Laporan Keuangan dalam Proses Bisnis???


Penulis : Nisful Chiqmiah | Editor : Lina Royani

Apa yang dimaksud laporan keuangan?

Mengapa laporan keuangan selalu dibutuhkan dalam proses bisnis?

Sepenting apa laporan keuangan dalam pengambilan keputusan perusahaan?

Dalam perkembangan bisnis perusahaan, dibutuhkan laporan keuangan untuk menganalisa aktivitas bisnisnya. Salah satu faktor perusahaan berhasil adalah dalam manajemen keuangan, oleh karena itu perusahaan harus memiliki kinerja manajemen yang efektif dan efisien untuk mendapatkan keuntungan. Kinerja suatu bisnis dapat diukur dari laporan keuangan, dalam laporan keuangan perusahaan dapat menilai efektivitas bisnis hingga asset perusahaan.

Laporan keuangan merupakan ringkasan dari proses pencatatan transaksi – transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode. Laporan keuangan yang dihasilkan harus memenuhi standar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) sehingga dapat menyediakan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan selain itu harus memenuhi beberapa karakteristik seperti mudah dipahami, relevan, keandalan, serta komparabilitas. Laporan keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban seluruh aktivitas yang telah direncanakan dalam pencapaian hasilnya.

Komponen dalam laporan keuangan berisi data – data penting perusahaan meliputi asset, kewajiban, ekuitas, dan arus kas. Masing – masing komponen laporan keuangan memiliki fungsi yang berbeda dan krusial bagi perusahaan, sebagai berikut :

  • Laporan posisi keuangan bisa digunakan untuk mengetahui asset serta liabilitas perusahaan.
  • Laporan laba rugi digunakan untuk melihat efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam mengelola bisnisnya.
  • Laporan perubahan modal digunakan untuk mengetahui kemajuan perusahaan dari sisi modal yang digunakan
  • Laporan arus kas berguna untuk mengetahui alur penerimaan dan pengeluaran kas dari aktivitas pendanaan, operasional, serta investasi.

Nah dengan jelas dapat diketahui bahwa laporan keuangan berperan penting bagi perusahaan, yaitu :

Baca juga : Rasio Keuangan : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rumusnya

Pengambilan Keputusan

Informasi yang dihasilkan dalam laporan keuangan memudahkan perusahaan untuk melakukan pengambilan keputusan dimasa yang akan datang. Perusahaan dapat mengetahui perkembangan bisnisnya dengan menilai efektivitas dan efisiensi kinerja dengan mengetahui gain dan loss diluar aktivitas bisnisnya. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi dengan cepat dan tepat sasaran. Selain itu laporan keuangan akan dijadikan dasar dalam perencanaan kedepan untuk operasional bisnisnya. Pihak manajemen pun akan lebih berhati – hati dalam  mengelola dana yang tersedia untuk memaksimalkan keuntungan dengan perputaran dana tersebut.

Sebagai Alat Ukur Kemampuan Perusahaan

Perusahaan dapat mengetahui asset hingga liabilitas perusahaan, sehingga dapat mengukur kemampuannya dalam hal pendanaan, operasional, hingga pembayaran hutangnya. Perusahaan dapat menggunakan rasio keuangan untuk lebih akurat dalam mengukur kemampuan perusahaan. Laporan keuangan dijadikan dasar dalam perhitungan rasio tersebut.

Sebagai Acuan Pengembangan Produk Perusahaan

Perusahaan dapat mengembangkan produknya dengan mereview laporan keuangan. Hasil kinerja perusahaan akan di evaluasi dari sisi penjualan produk mana yang memiliki penjualan terbesar dan produk mana yang akan di inovasi. Adanya pengembangan produk ini tidak lain untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Untuk Mendapatkan Investor

Investor akan tertarik untuk menanamkan modal pada perusahaan yang memiliki kondisi baik. Kondisi baik yang dimaksud adalah kondisi internal perusahaan yang tercermin pada laporan keuangan. Investor akan melihat laporan keuangan untuk menilai seberapa efektif dan efisien perusahaan dalam mengelola sumber dana untuk operasional bisnisnya. Kondisi keuangan yang stabil dan baik akan memberikan peluang yang tinggi untuk mendapatkan investor, karena investor akan melihat seberapa besar perusahaan akan memberikan keuntungan untuknya.

Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Laporan keuangan bersifat transparansi yang mampu mencerminkan kondisi internal perusahaan.  Hal ini berpengaruh terhadap kredibilitas yang dimiliki perusahaan. Kredibilitas yang ditanamkan perusahaan akan menimbulkan kepercayaan dari pihak eksternal. Mengingat mudahnya akses laporan keuangan oleh pihak eksternal, stigma baik tentang perusahaan sangat berpengaruh dalam mendapatkan investor.

Bagaimana, sudah memahami pentingnya laporan keuangan bagi usaha anda?
Coba bayangkan jika usaha yang anda jalankan tidak memiliki laporan keuangan, bagaimana bisa anda menilai perusahaan dalam kondisi baik atau sebaliknya?
Bagaimana bisa anda mengevaluasi kinerja tanpa menggunakan data yang akurat?
Bingung karena tidak memiliki sistem pembukuan yang baik seperti apa ?
Karena tidak mengerti akuntansi yang komprehensif ?

Segera kontak kami, konsultasikan kesulitan anda dalam pembuatan laporan keuangan. Kami akan membantu anda untuk mengkonsep sistem yang cocok dengan proses bisnis anda, konsep yang memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan. Sehingga anda dengan mudah mengetahui perkembangan bisnis yang sedang berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sales & Support
Kirim