Merdeka Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana ?

Penulis : Tasya Ananda Gisella | Editor : Nabila Wildania

Merdeka Finansial, Kamu Sudah Sampai Mana ?

Merdeka Finansial merupakan impian bagi setiap orang. Bagaimana tidak, setiap orang menginginkan hidup nyaman tanpa harus bersusah payah memikirkan kondisi keuangan mereka. Masyarakat khusus nya Generasi Millenial sekarang sudah terbuka akan hal ini. Mereka menginginkan sebuah pencapaian seperti segera bekerja sedini mungkin dan pensiun semuda mungkin.

Sehingga, bisa lebih menikmati hasil jerih payah masa muda kita di masa tua bersama keluarga. Hal tersebut tidak salah, namun Merdeka Finansial tentunya memiliki proses dimana proses tersebut memiliki beberapa tahapan untuk dilakukan.

Setidaknya, ada 5 level loh Sobat PEKA untuk mewujudkan Merdeka Finansial. Apa saja ya? Yuk, simak penjelasan dibawah.

Baca juga :

Financial Dependence ( Ketergantungan Finansial )

Sesuai dengan namanya, jika Sobat PEKA masih dalam level Financial Dependence berarti Sobat PEKA masih bergantung pada orang lain dalam hal finansial. Ini artinya Sobat PEKA belum bisa menghasilkan pendapatan sendiri.

Buat Sobat PEKA yang masih berada di level ini, tenang. Karena semua orang pasti pernah juga berada di level ini. Biasanya, tahap ini terjadi ketika kita masih muda, dimana belum punya kapasitas serta kemampuan untuk menghasilkan uang.

Financial Stability ( Stabilitas Finansial )

Pada level ini, Sobat PEKA sudah bisa dikatakan selangkah lebih maju karena sudah memiliki penghasilan sendiri. Biasanya orang yang berada di level ini juga lebih banyak memiliki pengetahuan tentang keuangan.

Selain itu, Sobat PEKA juga sudah bisa menyisihkan Dana Darurat sebanyak 3-6 kali lipat dari pengeluaran Sobat PEKA setiap bulannya loh. Karena Dana Darurat tersebut sangat penting jika terjadi hal-hal yang tidak direncanakan.

Financial Security ( Keamanan Finansial )

Di level ini, Sobat PEKA sudah bisa menghitung dan menganalisa cashflow pribadi kalian. Dan hasil dari analisa tersebut terjadi cashflow positif. Artinya, Sobat PEKA sudah lebih banyak menerima pemasukan daripada pengeluarannya.

Nah, di level inilah Sobat PEKA harus mulai berinvestasi atau membuka usaha sampingan. Semua ini dilakukan untuk masa depan Sobat PEKA ya supaya kebutuhan jangka panjangnya terpenuhi.

Financial Freedom ( Kebebasan Finansial )

Jika Sobat PEKA sudah berada di level ini, artinya Sobat PEKA sudah bebas secara finansial dan tidak perlu lagi bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan. Hidup bergantung pada penghasilan pasif sudah lebih dari cukup.

Bagi mereka yang berada di level ini, urusan keuangan bukan lagi menjadi prioritas. Mereka akan mementingkan urusan non-finansial seperti kesehatan atau menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Financial Abundance

Level ini mungkin hanya diisi dari sebagian kecil penduduk dunia. Mereka biasa dikenal dengan sebutan “crazy rich”.

Orang-orang yang ada di level ini sudah memiliki kondisi keuangan yang melimpah ruah. Sangat banyak, sampai mereka bisa bebas untuk memilih gaya hidup seperti apapun yang diinginkan. Kehidupannya pun sudah terjamin untuk jangka yang sangat panjang.

Selain menghabiskan kekayaan untuk diri sendiri, orang-orang di level financial abundance ini juga senang membagikannya kepada yang membutuhkan.

Penutup :

Kita hidup di negara Indonesia yang sedang merayakan Kemerdekaannya yang ke 76. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kita sebagai warganya juga berusaha merdeka secara finansial dimana hal itu sangat penting ya Sobat PEKA.

Salah satu cara untuk merdeka finansial yakni membuat budgeting Sobat PEKA. Tapi, jika Sobat PEKA bingung cara nya untuk budgeting seperti apa, kita hadir disini untuk membuat semuanya menjadi lebih baik. Cukup klik Hubungi Kami, maka Anda akan mendapatkan Konsultasi dengan tim kita secara GRATIS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sales & Support
Kirim