Rasio Keuangan : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Rumusnya

Penulis & Editor: Tasya Ananda Gisella

Rasio keuangan merupakan hal penting dalam suatu entitas dalam proses pengambilan keputusan. Hal tersebut dikarenakan manajemen perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan agar tidak salah Langkah.

Pengambilan keputusan yang tidak tepat akan berdampak pada berbagai aspek dalam entitas tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pimpinan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil analisa, terutama di kasus ini yakni analisa keuangan.

Baca juga : Metode Pencatatan Akuntansi

Definisi Rasio Keuangan

Menurut Kasmir (2014:104)

“Rasio keuangan merupakan kegiatan membandingkan angka-angka yang ada di dalam laporan keuangan. Perbandingan dapat dilakukan antara satu komponen dengan komponen dalam satu laporan keuangan atau antar komponen yang ada di antara laporan keuangan. Kemudian, angka yang diperbandingkan dapat berupa angka-angka dalam satu periode maupun beberapa periode.”

Menurut Harahap (2010:297)

“Rasio keuangan merupakan angka yang diperoleh dari hasil perbandingan dari satu akun laporan keuangan dengan akun lainnya yang mempunyai hubungan yang relevan dan signifikan.”

Menurut Irham Fahmi (2012:107)

“Rasio keuangan atau financial ratio ini sangat penting gunanya untuk melakukan analisa terhadap kondisi keuangan perusahaan. Bagi investor jangka pendek dan menengah pada umumnya lebih banyak tertarik kepada kondisi keuangan jangka pendek dan kemampuan perusahaan untuk membayar dividen yang memadai. Informasi tersebut dapat diketahui dengan cara lebih sederhana yaitu dengan menghitung rasiorasio keuangan yang sesuai dengan keinginan.”

Jadi, berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa rasio keuangan adalah hasil perbandingan atas akun-akun yang ada di laporan keuangan yang digunakan untuk mendapatkan informasi bagi pemakai laporan keuangan.

Fungsi Rasio Keuangan

Untuk mengukur tingkat keberhasilan atas kinerja suatu entitas maupun manajemennya. Aspek yang diukur yakni tingkat likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, investasi dan aktivitas entitas tersebut. Semua aspek tersebut menjadi acuan bagi entitas untuk menentukan keputusan atau kebijakan entitas di masa mendatang.

Manfaat Rasio Keuangan

  • Mengetahui Optimalisasi Keuangan
  • Melihat Efisiensi dan Efektivitas Manajemen Operasional
  • Mengetahui Optimalisasi Investasi
  • Mengetahui Tingkat Kesehatan Entitas
  • Acuan Entitas untuk Berkembang

Rasio Keuangan : Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Rumus-rumusnya -

Jenis Rasio Keuangan

Rasio Likuiditas ( Liquidity Ratio )

Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemempuan perusahaan untuk memenuhi kemampuan finansial nya dalam waktu jangka pendek. Nilai ideal untuk rasio ini yakni 130%-200%. Jika suatu entitas berada dibawah rasio atau diatas rasio tersebut, maka dapat dikatakan entitas tersebut tidak likuid atau bahkan over liquid.

Rasio Solvabilitas ( Solvency Ratio )

Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemempuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial nya dalam waktu jangka panjang. Semakin tinggi hasil analisa rasio ini, makan akan semakin buruk kinerja entitas. Nilai maksimal untuk rasio ini yakni 200%.

Rasio Profitabilitas ( Profitability Ratio )

Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba yang berhubungan dengan nilai penjualan, aktiva, dan modalnya. Semakin tinggi hasil analisa rasio ini, maka akan semakin baik. Angka tersebut juga harus dibandingkan dengan entitas yang bidang usahanya sejenis.

Rasio Investasi ( Investment Ratio )

Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba untuk menutup investasi yang dikeluarkan. Semakin tinggi hasil analisa rasio ini, maka akan semakin baik. Angka tersebut juga harus dibandingkan dengan entitas yang bidang usahanya sejenis.

Rasio Aktivitas ( Activity Ratio )

Merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Semakin tinggi hasil analisa rasio ini, maka akan semakin baik. Angka tersebut juga harus dibandingkan dengan entitas yang bidang usahanya sejenis.

Rumus Rasio Keuangan

Rasio Likuiditas ( Liquidity Ratio )

  • Current Ratio : Aktiva Lancar / Hutang Lancar x 100%
  • Cash Ratio : Kas dan Setara Kas / Hutang Lancar x 100%
  • Quick Ratio : Kas dan Setara Kas + Piutang / Hutang Lancar x 100%

Rasio Solvabilitas ( Solvency Ratio )

  • Total Debt to Asset Ratio : Total Hutang / Total Asset x 100%
  • Total Debt to Equity Ratio : Total Hutang / Total Ekuitas x 100%

Rasio Profitabilitas ( Profitability Ratio )

  • Gross Profit Margin : Penjualan Netto – HPP / Penjualan Netto x 100%
  • Operating Income Ratio : EBIT / Penjualan Netto x 100%
  • Net Profit Margin : EAT / Penjualan Netto x 100%
  • Earning Power of Total Investment : EBIT / Total Asset x 100%
  • Rate of Return on Investment : EAT / Investasi x 100%
  • Return on Equity : EAT / Total Ekuitas x 100%
  • Rate of Return on Net Warth : EAT / Modal Sendiri x 100%

Rasio Investasi ( Investment Ratio )

  • Rate of Return on Investment : EAT / Investasi x 100%

Rasio Aktivitas ( Activity Ratio )

  • Total Asset Turn Over : Penjualan Netto / Total Aktiva x 100%
  • Working Capital Turn Over : Penjualan Netto / Modal Kerja Bersih x 100%
  • Fixed Asset Turn Over : Penjualan Netto / Asset Tetap x 100%
  • Inventory Turn Over : Penjualan Netto / Persediaan x 100%
  • Average Collected Period Ratio : Piutang x 365 / Penjualan Netto x 100%
  • Receivable Turn Over : Penjualan Netto / Piutang Rata-Rata x 100%

Penutup :

Analisa terhadap laporan keuangan bisa dilakukan salah satunya dengan cara menghitung rasio-rasio diatas. Seiring dengan perkembangan tekhnologi, Anda tidak perlu khawatir mengenai perhitungan analisa diatas. Kami menyediakan jasa untuk membantu Anda menganalisa Laporan Keuangan Anda baik Perusahaan maupun Private Financial. Anda juga dapat membuat program keuangan secara otomatis yang kami develop khusus untuk Anda. Hubungi kami untuk info lebih lanjut disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sales & Support
Kirim